PROFIL LSDI “SALMAN AL-FARISI RADHIYALLAHU ‘ANHU”, Gayam-Gurah-Kediri-Jawa Timur

LSDI Salman

I. PENDAHULUAN

Bermula dari sebuah cita-cita yang sempat menghilang dari angan-angan kami, sehingga terkubur asa yang waktu itu telah tumbuh. Yakni sebuah cita-cita untuk turut serta memberikan andil dalam kancah dakwah dan memajukan ummat dengan langkah nyata, baik di bidang pendidikan, sosial dan kemasyarakatan.

Seiring dengan berjalannya waktu dan bertemunya kembali cita-cita kami dalam kesamaan visi dan misi, Alhamdulillah kami tuangkan kesamaan itu dalam sebuah wadah Lembaga Sosial dan Dakwah Islam Salman Al- Farisi sejak kami notariskan pada; Anis Khusnul Farida, SH Nomor 02 Tanggal 15 Maret 2010 M/29 Robiul Awwal 1431 H  serta Terregistrasi di Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri Nomor 76/2010/PN.Kab Kediri tanggal 19 Maret 2010.

Maka dengan hal itu kami berusaha untuk memulai program-program dengan langkah riil/nyata yang pertama, yaitu mendirikan sebuah Pondok Pesantren di sebidang tanah wakaf dari keluarga Bapak H. Sukemi (jazaahumullohu khoiron) yang semoga Alloh Ta’ala menjaganya. Dan di sinilah in syaa Alloh akan terus kami kembangkan dan kami berusaha mewujudkan program-program lainnya. Karena dengan keadaan ini tentunya semakin menambah semangat dan keyakinan pada kami untuk terus mengembangkan kegiatan sampai benar-benar dapat membuahkan manfaat bagi ummat. Untuk itu kami membuka diri untuk menerima sumbangsih dari kaum muslimin baik berupa moral, spiritual dan material tentunya.

Berikut adalah gambaran singkat tentang Lembaga Sosial dan Dakwah Islam “Salman Al-Farisi” yang kami kemas dalam Profil Lembaga, semoga Anda lebih mengenal kami, kemudian menyayangi kami, sebagai mitra kerja, sebagai saudara yang lebih kuat ikatannya dalam Ridho Alloh Ta’ala.

II. SISTEM ORGANISASI

A. Prinsip

1. Berpegang teguh kepada Al-Quran dan As-Sunnah Ash-Shohihah dengan pemahaman salafush sholih serta selalu berusaha mengikuti jalan yang ditempuh oleh Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam, para sahabat dan ulama salafus sholih baik dalam aqidah, ibadah dan muamalah.

2. Tidak melakukan profokasi/ajakan kepada kaum muslimin dengan cara apapun untuk melakukan terror atau melawan pemerintah, meskipun pemerintah telah mendholimi rakyat, akan tetapi memberikan nasehat kepada pemerintah secara rahasia dengan cara yang baik dan syar’i.

3. Menjalin ukhuwah Islamiyah dan menjauhi fanatisme kelompok.

4. Mengajak kaum muslimin berjalan di atas agama yang lurus, mengamalkan ajaran Islam dan berhias diri dengan akhlaq yang mulia.

5. Mendukung program pemerintah selama tidak bertentangan dengan syariat yang shohih.

 

B.  Visi

“Menjadi salah satu lembaga yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan yang peduli terhadap kepentingan ummat, professional dan amanah”

 

C.  Misi

1. Membantu meringankan tanggungan hidup masyarakat miskin, kurang mampu dan fakir terhadap ilmu melalui informasi, pendidikan umum dan keagamaan, ekonomi dan pelayanan ummat lainnya.

2. Pengupayaan perbaikan akhlaq dan moral beragama masyarakat melalui pendidikan pesantren, pengajian dan dakwah baik melalui media cetak maupun elektronika.

3. Menjadi penghubung dan mitra kerja antara masyarakat yang berkemampuan tersebut dengan para donator.

4. Menjalin kerjasama dengan masyarakat, instansi baik swasta (LSM) atapun pemerintah.

 

D. Strategi Program

Untuk mewujudkan visi dan misi lembaga, Lembaga Sosial dan Dakwah Islam (LSDI) Salman Al-Farisi mempunyai beberapa strategi program sebagai berikut :

a. Di Bidang Sosial dan Kemanusiaan:

Membantu Pemerintah dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu dengan cara:

1. Menerima dan menyalurkan zakat, infaq, shodaqoh dan hewan qurban serta aqiqoh dan dana sosial lainnya.

2. Bercita-cita mendirikan Panti Asuhan, Panti Wreda dan pendirian Rumah Sakit, Rumah Bersalin, Poliklinik, Laboratorium dan Apotik dengan biaya terjangkau bagi masyarakat yang kurang mampu.

3. Menerima dan menyalurkan bantuan bencana alam, pengungsi dan korban akibat konflik.

4. Menerima dan menyalurkan serta menyantuni fakir miskin, anak yatim, anak terlantar dan para janda.

5. Melestarikan lingkungan hidup.

 

b. Di Bidang Keagamaan :

Menegakkan syiar Islam sesuai dengan yang diteladankan oleh Rosululloh shollallhu ‘alaihi wa sallam, para sahabat dan ulama salafus sholih dengan usaha sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan Kajian, Pembinaan dan Pendidikan Ke-Islaman antara lain dengan mengadakan: majelis taklim, TPA, Pondok Pesantren dan Pendidikan Dasar, Menengah, Atas secara Terpadu.

2. Membangun Masjid, Musholla dan tempat kajian atau yang sejenis dengan itu.

3. Menebarkan dakwah Islamiyah yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: dengan tulisan di media cetak, ceramah di media elektronika, menyelenggarakan dauroh, bedah buku, penataran dan pelatihan serta dengan menyelenggarakan radio khusus siaran dakwah.

4. Menerbitkan majalah, bulletin dll. yang sejenis.

 

III. Susunan Kepengurusan

Kepengurusan lembaga adalah sebagai berikut:

Pembina                   : H. Sukemi

Ketua umum            : Ust. Abu Ammar Abdul Adhim Al-Ghoyamiy

Wakil Ketua              : Ust. Abu Aqiyl Sapto Asmo Wardoyo

Sekretaris 1             : Ust. Fathul Huda Abu Hasna

Sekretaris 2             : Ust. Eka Cahya Jatmika, S.Pd.I

Bendahara 1            : Ust. Sigit Purnomo, S.Pd

Bendahara 2             : Nur Ali

Pengawas                 : Setiyo Wiyono, S.Pd

Kemudian dibentuk bagian-bagian sesuai dengan kebutuhan lembaga serta tidak menutup kemungkinan tambahan kepengurusan lainnya sesuai dengan kedudukan dan kapasitasnya.

 

IV.  NAMA LEMBAGA

Lemaba didirikan dengan Akta Notaris Anis Khusnul Farida, SH Nomor 02 Tanggal 15 Maret 2010 M / 29 Robiul Awwal 1431 H  serta Terregistrasi di Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri Nomor 76/2010/PN.Kab Kediri tanggal 19 Maret 2010 dengan nama “LEMBAGA SOSIAL DAN DAKWAH ISALAM (LSDI) SALMAN AL-FARISI”

 

V.   SEKRETARIAT LEMBAGA

Lembaga berkedudukan di Jl. RA. Kartini No. 19 RT. 02 RW. 01  Dusun Gayam Barat, Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri Jawa Timur 64181.

 

VI.  KONTAK LEMBAGA

Lembaga menyediakan nomor sebagai pelayanan kepada masyarakat:

Sekretariat/Informasi Umum         : 081 130 23 225, 085 285 312 096

Keuangan/Bantuan ZIS                  : 082 140 273 203

Konsultasi Dakwah/Kajian Islam     : 085708649800, 081913021885

 

VII. RENCANA DAN KEGIATAN LEMBAGA

NO.

JENIS

RENCANA TAHUN

REALISASI TAHUN

1.

Pendirian Lembaga

2010

2010

2.

Tempat Permanen Sekretariat

2010

2011

3.

Pembangunan Ponpes

2010

2011

4.

Kajian Islam Rutin

2010

2011

5.

Kajian Islam Insidentil

2010

2011

6.

Daurah Liburan

2010

2013

7.

Daurah Ramadhan

2010

2012

8.

Madrasah Diniyah

2010

9.

Ponpes Tahfidh Putri

2010

2012

10.

Radio Islam

2010

2011

11.

Ponpes Tahfidh Putra

2011

12.

Lembaga Amil Zakat Infaq & Shodaqoh (LAZIS)

2013

13.

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)

2014

14.

Toko/Koperasi

2015

15.

Apotik

2020

16.

BKIA/Rumah Sakit

2020

 

VIII. PENUTUP

        Itulah sekilas tentang Lembaga Sosial dan Dakwah Islam Salman Al-Farisi sebagai informasi umum dan untuk digunakan sebagaimana semestinya. Dengan keterbatasan kemampuan yang ada pada kami, kami mohon kepada Allah, lalu kami mohon doa restu dan partisipasi dari semua kaum muslimin demi tercapainya cita-cita kita semua. Karena kami menyadari, keberhasilan sebuah cita-cita tidak dapat terlepas dari peran serta dari semua pihak. Dengan ucapan Bismillah kami telah memulai, untuk itu sekali lagi peran serta dan partisipasi aktif dari semua pihak sangat dalam kebaikan ini. Semoga keikutsertaan Anda dalam kebaikan ini tercatat sebagai amal jariyah yang akan senantiasa mengalir pahalanya sepanjang kehidupan ini hingga akhir nanti. Amiin.

 Kediri, 15 Ramadhan 1434 H/24 Juli 2013 M

 

1,170 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.